Kuliner Nusantara

Resep Kue Cucur Khas Betawi

0
Kue cucur yang merupakan kue khas betawi berwarna kecoklatan. Bagi anda yang tinggal si sekitaran Jakarta bogor tangerang dan bekasi sudah tidak asing lagi dengan yang namanya kue cucur ini. Kue cucur yang pada bagian tengahnya lebih tebal dari pada tepi-tepinya. Pada bagian pinggirnya kering berenda sehingga gurih manis renyah karena sedikit gosong.
Terbuat dari tepung beras sebagai bahan dasarnya. Kue Cucur masuk kedalam jenis kue manis dan juga punya rasa yang mantap. Tahukah anda bahwa warna cokelat kue cucur berasal dari gula merah yang membuatnya tak hanya terasa legit.
Bagi anda yang pernah mencicipi kue cucur ini, anda akan merasakan ada semacam serat ketika di dalam kue ini. Serat yang terbentuk pada kue ini membuat rasanya manis kenyal.

Sayang saat ini kue cucur bisa dibilang tergolong kue langka untuk ditemukan karena kini tak banyak lagi penjualnya. Meskipun begitu kue ini masih bisa ditemui di penjual jajanan pasar yang ada di pasar-pasar tradisional.




Resep Kue Cucur Betawi Khas Betawi

Bahan - Bahan Kue Cucur Betawi :

  • 300 gram tepung beras
  • 450 ml air
  • 100 gram gula pasir
  • 30 gram tepung terigu
  • 150 gram gula merah
  • Minyak goreng secukupnya

Sedikit Tips Untuk Kue Cucur Tradisional :

  1. Sisirlah gula merah terlebih dahulu untuk mempermudah proses larutan gula.
  2. Saring gula merah yang sudah di rebus, hal ini untuk membuat larutan gula licin tanpa ampas.
  3. Saat proses mengadoni kue, sebaiknya menggunakan tangan saja hal ini supaya adonan nanti bisa lebih maksimal.

Cara Membuatnya :


Pertama buatlah Larutan Gula terlebih dahulu, caranya : 
Rebuslah air putih, gula merah, dan gula pasir menjadi satu sampai gula larut dan mendidih. Lalu angkat dan saring. Biarkan hingga larutan gula dingin. 


Untuk Kue Cucur : 



Campurkanlah tepung beras, tepung terigu, garam, dan juga sebagian larutan gula. Aduk-aduk sampai tercampur rata (menggunakan tangan iya).
Kemudian tuangi sisa larutan gula ke adonan kue cucur, pukul-pukul dengan telapak tangan kira-kira 30 menit sampai adonan terasa ringan.
Diamkan adonan selama 2 jam.
Selanjutnya panaskan wajan dari besi, tuangkan minyak goreng hingga setengahnya dari tinggi wajan.
Terakhir Tuangkan satu sendok adonan kue cucur, biarkan sampai bagian pinggirnya berbentuk rada keriting. Siram-siramlah dengan minyak goreng dan tusuk-tusuk bagian tengahnya dengan lidi supaya adonan mengalir ke bagian tepi dan terbentuk pecahan.
Gorenglah sampai matang seluruh kue.

0 komentar: